TIPS MENJAGA KOMITMEN DALAM PERNIKAHAN JARAK JAUH


TIPS MENJAGA KOMITMEN DALAM PERNIKAHAN JARAK JAUH

Sepasang manusia yang terikat dalam janji suci berupa pernikahan memang idealnya hidup satu atap, berkumpul dan berjumpa setiap hari dengan pasangan dan keluarga kecil yang dibinanya. Namun pada kenyataannya, tidak semua pasangan diberi anugerah indah seperti itu. Beberapa pasangan menikah harus hidup terpisah jarak dan waktu dengan berbagai alasan.
Pasangan dengan kondisi seperti ini biasa disebut sebagai pasangan LDM, akronim dari Long Distance Marriage. Kondisi pernikahan seperti ini bisa jadi memang adalah sebuah pilihan, tetapi dapat pula dikarenakan oleh keadaan yang memaksa dan mau tak mau harus dijalani.
Menjalani pernikahan jarak jauh ini memang tidak nyaman, tetapi apabila keadaan seperti ini tidak dapat dihindari dan harus tetap dijalani, ada beberapa tips yang bisa membantu anda melewatinya dengan baik, yaitu:

SALING MENJAGA KOMUNIKASI
Tidak seperti pasangan LDM di jaman dahulu yang untuk berkirim surat saja membutuhkan waktu yang sangat lama, pasangan LDM di era teknologi canggih seperti sekarang ini tidak sulit menjalin komunikasi meskipun terpisah benua sekalipun. Mulai dari komunikasi dengan teks hingga komunikasi berbasis audio visual sangat mudah diakses.
Komunikasi yang baik adalah komunikasi yang dilakukan secara rutin. Selain untuk memantau keadaan pasangan ataupun keluarga yang ditinggal, komunikasi juga dapat dijadikan sarana pengobat rindu.
Anda bisa bekerjasama dengan pasangan dalam memilih media komunikasi apa yang akan digunakan. Yang paling umum dan pada saat ini sifatnya wajib adalah telepon. Anda dapat mengatur bersama dengan pasangan, kapan saat yang tepat untuk berkomunikasi. Jangan sampai niat baik berakhir buruk karena salah satu dari anda sering menelpon pada saat yang tidak tepat, contohnya pada saat pasangan Anda sedang bekerja. Bagaimanapun rindunya, anda pasti bisa menahannya sesaat hingga jam bekerjanya usai, bukan? Atau anda bisa mengiriminya pesan teks, tapi jangan uring-uringan kalau tidak direspon dengan segera, ya.

SALING MENJAGA KEPERCAYAAN
Ini adalah hal terpenting bagi seluruh pasangan suami istri, apalagi bagi yang sedang menjalani pernikan jarak jauh. Dengan saling menjaga kepercayaan dapat membuat hubungan anda dengan pasangan menjadi tenang, tanpa diganggu pikiran-pikiran negatif, semisal pikiran buruk tentang akan hadirnya orang ketiga.
Dengan saling menjaga kepercayaan, berarti anda juga telah membangun pondasi yang kuat bagi rumah tangga anda.
Salah satu contoh kurang tepat yang sering dilakukan oleh pasangan masa kini adalah dengan men’stalking’ akun media sosial pasangan. Mungkin alasan awalnya baik, yaitu untuk memantau pasangan. Akan tetapi, kegiatan seperti ini sebenarnya lebih banyak mudhoratnya daripada manfaatnya. Alih-alih merekatkan hubungan, anda justru sedang melonggarkan tali pengikat keutuhan rumah tangga anda. Karena diakui atau tidak, dengan sering mengintip akun media sosial pasangan, perasaan yang menjadi sering timbul adalah rasa curiga dan rasa cemburu. Apabila tidak dapat dikelola dengan baik, kedua macam pearasaan tersebut dapat membawa akibat buruk pada hubungan anda.
Untuk menghindari hal tersebut, anda berdua sebaiknya menyadari tentang pentingnya menghargai dan menghormati privacy masing-masing. Tanamkan dalam hati anda, bahwa pasangan terdekat kita sekalipun tetap berhak dengan privacynya sendiri-sendiri tanpa intervensi dari siapapun.

PERBANYAK KEGIATAN POSITIF
Berada jauh dari pasangan kerap kali membuat anda jadi merasa kesepian. Untuk mengatasi rasa kesepian itu, beberapa orang akan mencari kesibukan selain kegiatan sehari-harinya. Selama kesibukan tersebut adalah kesibukan yang bermanfaat, maka akan baik-baik saja. Tetapi bagaimana apabila kesibukan yang anda pilih justru mengarah pada tindakan yang negatif? Tentu saja hal tersebut dapat merusak hubungan pernikahan anda. Tak ingin hal tersebut terjadi, kan?
Untuk itu, sebaiknya anda memanfaatkan waktu luang anda hanya untuk melakukan kegiatan-kegiatan yang positif saja. Misalnya dengan memperbanyak ibadah, berolahraga, mengikuti pelatihan-pelatihan yang sesuai dengan minat dan bakat Anda, dan berbagai kegiatan positif lainnya yang banyak manfaatnya.

SELALU MENGINGAT ALLAH
Tak akan ada yang dapat selalu menolong kita selain kuasa Allah. Ikhlas dengan apa yang harus anda jalani dan percayakan semuanya berada dalam lindungan Yang Maha Kuasa. Karena hanya dengan selalu mengingat Allah saja, maka ketenangan dalam hidup akan kita raih.
Berdoalah kepada-Nya agar anda dan pasangan selalu diberi kekuatan dalam menjalani hubungan pernikahan jarak jauh ini.
Mintalah hanya kepada-Nya agar keluarga anda dapat segera berkumpul bersama dan hidup bahagia dalam ridho-Nya.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Yati "Sum Kuning" Surachman, Legenda Hidup Indonesia

MINDER dan solusi mengatasinya