CARA HEMAT MERAWAT DIRI DENGAN BAHAN ALAMI



Mbak-mbak, Ibu-ibu, kamu suka melakukan perawatan ke salon? Menyenangkan ya, kalau habis melakukan perawatan paripurna. Badan terasa lebih segar dan pikiran pun jadi terasa lebih rileks. Itulah kenapa wanita banyak yang melakukan me timenya dengan melakukan perawatan paripurna di salon.

Sudah menjadi kodratnya bahwa wanita itu senang memanjakan diri. Apalagi bila habis melakukan pekerjaan berat yang cukup melelahkan bagi tubuh. Maka, melakukan perawatan paripurna pun akan menjadi salah satu pilihannya.

Yang termasuk ke dalam perawatan paripurna antara lain adalah creambath atau perawatan rambut dan kulit kepala, facial atau perawatan wajah, body massage, body scrub, manicure atau perawatan tangan dan kuku tangan, pedicure atau perawatan kaki dan kuku kaki, sampai dengan perawatan ‘miss v’atau biasa disebut dengan ratus vagina.

Untuk merawat tubuh secara keseluruhan tidak harus melakukannya di spa atau salon di mana harus merogoh kocek yang tidak sedikit. Kamu dapat melakukan semua treatment tersebut cukup di rumah saja.

Hal pertama yang harus dilakukan hanyalah menciptakan suasana rumah yang tenang dan menenangkan. Untuk itu, kamu bisa meminta bantuan dari orang terdekat semisal suami agar bersedia turut menyukseskan acara treatment kamu dengan berpartisipasi mengambil alih sementara pengasuhan anak. Kemudian, kamu bisa mulai menyiapkan bahan-bahan apa saja yang akan dipakai untuk treatment tersebut.

Selain itu, sebaiknya kamu juga menyiapkan buku bacaan ringan, minuman hangat dan menyetel musik dengan irama-irama yang bersifat menenangkan. Persiapan-persiapan tersebut  perlu dilakukan agar tidak terasa membosankan. Karena perawatan diri yang akan kamu lakukan nanti bersifat lama, misalnya saja menunggu masker wajah mengering.

Nah, langkah selanjutnya adalah memulai perawatan. Yuk, mari disimak cara-cara melakukan perawatan diri ala-ala salon.

Facial
Untuk membersihkan dan menjaga kelembaban wajah, banyak bahan alami yang bisa kamu pakai. Diantaranya adalah buah pisang, karena buah ini sangat cocok untuk berbagai jenis kulit, baik kulit berminyak, kering maupun kulit yang sensitif sekalipun.
Caranya, ambil setengah buah pisang yang dihaluskan, lalu campur dengan satu sendok makan madu. Oleskan ke seluruh wajah, lalu diamkan selama 15 menit. Setelah itu, bersihkan dengan handuk hangat.

Creambath
Setelah keramas dengan shampoo yang biasa kamu gunakan, oleskan satu buah alpukat yang telah dihaluskan dan dicampur dengan olive oil ke seluruh rambut. Lakukan pijatan ringan di seluruh kulit kepala, kemudian tutuplah rambut dengan handuk hangat. Diamkan selama 30 menit. Setelah itu, bilas hingga bersih dengan air hangat.  

Body scrub/ lulur
Apabila ada yang membantu kamu untuk melakukan pijat urut ringan, hal tersebut dapat dilakukan dengan menggunakan minyak zaitun sebagai minyak urutnya. Namun apabila tidak ada, kamu bisa langsung mengoleskan lulur ke seluruh tubuh. Adapun bahan alami yang dapat dipakai untuk membuat lulur adalah bubuk kopi, ekstrak vanili dan minyak zaitun.
Caranya, campur semua bahan tersebut lalu balurkan ke seluruh tubuh sambil dilakukan pijatan ringan. Setelah selesai, bilaslah dengan menggunakan air hangat atau bisa juga dilanjutkan dengan berendam.
Untuk menyegarkan tubuh yang lelah, kamu dapat berendam menggunakan air hangat yang telah dicampur dengan rebusan rempah-rempah.
Untuk menjaga kebersihan ‘miss v’, kamu bisa mencampurkan beberapa lembar daun sirih pada air rebusan rempah. Daun sirih juga dikenal sebagai bahan antiseptik yang ampuh membunuh kuman.

Manicure dan pedicure
Ambil beberapa sendok susu bubuk, kemudian campurkan dengan madu. Oleskan pada tangan dan kaki lalu biarkan selama 5 menit. Susu yang mengandung asam laktat dapat membantu mengelupaskan sel-sel kulit yang telah mati. Sedangkan madu berfungsi untuk member kelembaban pada kulit. Setelah, itu, potonglah kutikula pada sela-sela kuku sebelum kamu mengaplikasikan pemulas kuku ataupun pacar.

Nah, mudah bukan menerapkan cara-cara sederhana melakukan perawatan diri sendiri di rumah secara paripurna? Bahan-bahan yang dibutuhkan pun relatif murah dan mudah didapat. Selamat mencoba.

Penulis,
Rara Radyanti




Komentar

Postingan populer dari blog ini

TIPS MENJAGA KOMITMEN DALAM PERNIKAHAN JARAK JAUH

Yati "Sum Kuning" Surachman, Legenda Hidup Indonesia

MINDER dan solusi mengatasinya