Jenis Kulitmu Kering? Berikut Ini Trik Sederhana Mengatasinya





Memiliki kulit yang jenisnya kering memang kurang nyaman. Selain membuat wajah mudah terlihat keriput dan nampak lebih tua daripada usia aslinya, juga membuat kita membutuhkan pelembab ekstra yang tentu saja harus merogoh kocek kita ekstra dalam.
Banyak faktor yang menyebabkan kulit menjadi kering, diantaranya karena kurangnya asupan air, kurangnya vitamin E dan vitamin B2, paparan sinar matahari yang terlalu kuat dalam waktu yang lama, efek samping obat-obatan, penggunaan kosmetika yang tidak sesuai, juga faktor genetika, dan lain sebagainya.
Kulit yang sangat kering, seringkali memang kerap membuat tidak nyaman. Namun, sebelum memutuskan mendatangi dokter spesialis kulit yang harga obat-obatannya sudah pasti mahal itu, kamu bisa mencoba tips sederhana berikut.

1.     Menghindari mandi dengan air panas
Kalau kamu mempunyai kebiasaan mandi dengan menggunakan air panas, maka mulai sekarang hindarilah. Kecuali kalau cuaca sedang sangat dingin dan kondisimu sedang kurang sehat, ya. Karena air panas dapat meluruhkan minyak alami dari sel kulit, sehingga membuat kelembaban alami kulit menjadi terkikis.

2.     Minum air putih yang banyak
Tujuannya jelas untuk menghindari dehidrasi. Sebab, ketika tubuh mengalami dehidrasi atau kekurangan cairan, maka kelembaban alami kulit pun berangsur-angsur hilang, sehingga kulit menjadi kering. Apalagi kalau kamu sering berada di ruangan ber-AC, jangan lupa untuk sering-sering mengonsumsi air putih.

3.     Sebelum mencoba berbagai kosmetika yang mahal, kamu bisa memanfaatkan buah-buahan ini untuk dijadikan masker yang berfungsi mengatasi kulit kering,
a.       Pisang
Caranya, haluskan satu buah pisang yang sudah matang, lalu tetesi dengan 2 atau 3 tetes minyak zaitun. Campur sampai rata, lalu oleskan pada wajah. Diamkan samapai mengering lalu bilas hingga bersih dengan air. Jangan gunakan air panas.
b.      Alpukat
Caranya, haluskan buah alpukat yang sudah matang, lalu campur dengan satu sendok makan madu murni. Oleskan ke seluruh wajah dan diamkan selama 15 hingga 30 menit, kemudian bilas hingga bersih.
c.       Lemon
Apabila susah didapat, bisa diganti dengan jeruk nipis. Peras dan saring airnya, lalu campur dengan kocokan kuning telur dan madu yang dicampur dengan minyak zaitun. Oleskan pada wajah hingga rata, diamkan hingga mengering sendiri, lalu bilas sampai bersih.
d.      Tomat
Caranya, haluskan tomat segar, lalu campur dengan air perasan lemon. Aduk rata, lalu oleskan ke seluruh wajah. Diamkan selama 20 menit, kemudian bilas hingga bersih.

Lakukan perawatan wajah dengan masker buah-buahan ini secara rutin agar hasilnya maksimal.

4.   Selain itu, kamu juga harus tetap rutin menggunakan pelembab yang tepat, yaitu yang sesuai untuk kulit kering. Jenis pelembab yang direkomendasikan untuk jenis ini adalah yang berbentuk krim. Untuk tangan dan kaki yang kering bisa menggunakan hand and body lotion.

5.   Jangan lupakan tabir surya, karena salah satu penyebab kulit kering adalah paparan sinar matahari. Bila hendak beraktivitas di luar ruangan, disarankan menggunakan tabir surya dengan SPF minimal 30.

Demikian 5 tips sederhana untuk mengatasi kulit yang kering. Apabila kulit semakin kering hingga sampai terkelupas dengan hebat, sebaiknya segera berkonsultasi dengan dokter spesialis kulit.

Penulis,
Rara Radyanti









Komentar

Postingan populer dari blog ini

Yati "Sum Kuning" Surachman, Legenda Hidup Indonesia

TIPS MENJAGA KOMITMEN DALAM PERNIKAHAN JARAK JAUH

MINDER dan solusi mengatasinya