Kiat Ampuh Agar Rasa Jenuh Tidak Mudah Menghampiri


Kamu kerap dilanda rasa jenuh? Apa yang biasanya kamu lakukan saat rasa jenuh itu datang menghampiri?
Melakukan pekerjaan yang selalu sama setiap hari, bertemu dengan orang yang itu-itu terus, kerap menunggu terlalu lama, dan berbagai kegiatan yang sifatnya rutin atau terus menerus dan berlangsung lama sering menimbulkan rasa jenuh.
Tahukah kamu, bahwa sebenarnya rasa jenuh itu bisa dihilangkan?
Rasa jenuh tidak ada bedanya dengan rasa bosan. Rasa jenuh atau bosan yang berlangsung lama, dapat mengakibatkan timbulnya rasa malas yang akut dan rasa percaya diri yang kurang, sehingga membuat hubungan personal dengan social menjadi tidak baik.
Untuk mengatasi rasa jenuh yang sering datang dan pergi itu, kamu harus mencoba bebarapa saran di bawah ini:
1.      Beribadah.
Kalau kamu seorang muslim, kamu bisa memanfaatkan waktu-waktu luang yang ada dengan berzikir atau membaca Al-Quran. Jika kamu menggunakan waktu luang dengan mendekatkan diri kepada Tuhan, niscaya rasa jenuh enggan menghampiri.
2.      Mencari Ide Kreatif.
Cari cara agar kehidupan kamu tidak monoton. Isilah waktu luangmu dengan melakukan kegiatan-kegiatan yang disukai. Selain jadi bisa memanfaatkan waktu dengan baik, kamu juga bisa sekaligus menyalurkan hobi.
3.      Merubah Cara Beraktivitas.
Cara beraktivitas yang seragam dari waktu ke waktu juga dapat mengakibatkan kejenuhan. Untuk itu, tak ada salahnya kamu mencoba merubahnya. Misalnya kamu biasa membaca buku sambil duduk, cobalah untuk melakukannya sambil tiduran di sofa ataupun di kasur.
4.      Bersosialisasilah.
Manusia adalah makhluk sosial yang tidak bisa hidup tanpa kehadiran manusia yang lain. Saat rasa jenuh melanda, coba ajaklah orang lain berbicara hal-hal yang ringan namun menarik. Kalau tidak ada seorang pun yang bisa diajak berbicara secara langsung, kamu bisa telepon ataupun chating dengan teman melalui media sosial. Pokonya, jangan sampai menutup diri ya.
5.      Mengerjakan Hobi.
Mengerjakan hal yang menjadi kegemaranmu tentu saja sangat tepat untuk dilakukan. Hobi identik dengan hal-hal yang disukai dan tentunya menyenangkan. Selain bermanfaat menghilangkan kejenuhan, dengan mengerjakan hobi, maka kamu juga sekaligus dapat mengembangkan hobimu.
6.       Membaca.
Kegiatan membaca dapat menghilangkan rasa jenuh yang melanda. Dengan membaca, kamu secara tidak langsung menyuruh otak agar tetap berpikir dan berfungsi, baik itu dengan membaca buku maupun artikel-artikel yang menarik.
7.      Belajar Mencintai Aktivitas Keseharianmu.
Agar tidak ada ‘keterpaksaan’ dalam melakukan aktivitas, maka kamu harus belajar mencintai aktivitas tersebut. Kalau kamu merasa nyaman dan ikhlas dalam mengerjakan semua aktivitas tersebut, maka lambat laun rasa bosan dapat teratasi.
Hal tersebut dapat membuat kamu merasa nyaman dan ikhlas dalam menjalani aktivitas dalam kehidupan. Dengan mencintai aktivitas yang dilakukan, berarti kamu  telah mampu mengatasi rasa bosan.
8.      Berusaha Mencari Suasana Baru.
Suasana yang begitu-begitu saja bisa menjadi salah satu penyebab utama timbulnya rasa bosan dan jenuh. Kamu harus mulai mencari suasana baru. Contohnya, dengan pergi ke tempat-tempat belum pernah dikunjungi sebelumnya.
Suasana baru yang sering diupgrade, bisa menjadi salah satu cara untuk mengatasi rasa bosan. Suasana baru dapat menyegarkan pikiran, memberikan ketenangan dan kenyamanan, serta segala hal lain yang membuat keseharian kamu jadi lebih bervariasi ketimbang melakukan aktivitas yang sama setiap harinya.
9.      Tidur.
Tidur adalah senjata paling ampuh untuk dapat menghilangkan rasa jenuh. Tidur bisa menjadi pilihan terakhir bila berbagai tips di atas tidak bisa dilakukan. Setidaknya, tidur bisa menghilangkan rasa bosan dan membuat tubuh dan otak dapat beristirahat sejenak.

Bagaimana, tidak sulit bukan, mengatasi singgahnya rasa jenuh yang kadangkala tidak dapat dihindari kedatangannya itu?




Komentar

Postingan populer dari blog ini

Yati "Sum Kuning" Surachman, Legenda Hidup Indonesia

TIPS MENJAGA KOMITMEN DALAM PERNIKAHAN JARAK JAUH

MINDER dan solusi mengatasinya