MERAWAT KUKU TANPA HARUS KE SALON





Perawatan terhadap kuku, baik pada kuku tangan maupun kuku kaki sebenarnya tidak kalah pentingnya dengan perawatan-perawatan tubuh lainnya. Namun, tidak semua orang memiliki kesadaran terhadap hal ini, sehingga kukunya sering bermasalah. Sebagian orang menganggap perawatan ini hanya untuk keindahan kuku saja. Padahal, lebih dari itu, perawatan ini sangat penting untuk menjaga kesehatan kuku itu sendiri.
Perawatan kuku yang biasa disebut dengan istilah manicure untuk perawatan kuku tangan dan pedicure untuk perawatan kuku tangan ini sebenarnya bisa dilakukan sendiri di rumah lho. Jadi, kamu enggak perlu pergi ke salon yang tentunya akan menghabiskan biaya yang tidak sedikit.
Caranya cukup mudah, yaitu:

1.      Membersihkan kuku
Cara untuk membersihkan kuku secara benar adalah dengan merendam kuku di dalam air hangat selama 5 menit. Dengan merendam kuku ini, dapat mempermudah pembersihannya. Gunakan sikat berbulu lembut untuk membersihkan kuku.

2.      Memijat kuku
Pijat dengan lembut bagian jari-jari tangan maupun kaki, punggung tangan maupun kaki, serta lengan tangan maupun betis. Kamu bisa melakukannya dengan mengoleskan gel khusus untuk perawatan tangan dan kaki sebelum dilakukan proses pemijatan. Pemijatan ini berfungsi untuk melancarkan peredaran darah, khususnya di daerah kuku.

3.      Memotong kuku
Potonglah kuku dengan gunting khusus untuk memotong kuku. Bentuknya bisa sesuai bentuk kuku aslinya atau dibentuk khusus, sesuai dengan selera atau keinginan kamu. Setelah dipotong, barulah dikikir untuk merapikannya.

4.      Berikan vitamin khusus untuk kuku
Vitamin khusus untuk kuku ini bisa diperoleh di toko-toko kosmetik. Bentuknya ada yang krim atau yang cair seperti kuteks. Cara ini akan membuat kuku menjadi lebih kuat.

5.      Beri pewarna
Untuk langkah ini tentu kembali kepada selera masing-masing. Kalau kamu suka dengan kuku yang berwarna, bisa dioleskan kuteks atau pacar, karena bagi seorang muslimah, penggunaan kuteks tidak diperbolehkan.

Demikianlah tips sederhana melakukan perawatan kuku sendiri tanpa harus ke salon. Tentu saja, setelah kuku dirawat, kamu yang tadinya mempunyai kebiasaan menggigit kuku kalau sedang resah harus segera menghentikan kebiasaan ini. Karena, ternyata selain merusak keindahan kuku, juga dapat mengganggu kesehatan.

Penulis,
Rara radyanti


Komentar

Postingan populer dari blog ini

Yati "Sum Kuning" Surachman, Legenda Hidup Indonesia

TIPS MENJAGA KOMITMEN DALAM PERNIKAHAN JARAK JAUH

MINDER dan solusi mengatasinya