Tips Sederhana Agar Dapur Selalu Bersih






Area dapur adalah tempat yang paling sering kita kunjungi, bukan? Baik untuk memasak, mencuci piring, ataupun hanya sekedar mengambil perkakas makan. Ada kalanya, kondisi dapur yang kotor dan berantakan menjadi penyebab kita jadi malas beraktivitas. Padahal, mau tak mau kita sebagai seorang ibu harus terus-menerus menyambangi tempat tersebut, bukan?

Untuk itu, agar dapur kembali menjadi tempat favorit kita beraktivitas, ada beberapa tips sederhana yang bisakita coba lakukan, yaitu:

1.      Menyediakan rak atau lemari secukupnya.
Maksudnya, hanya yang benar-benar dibutuhkan saja, agar dapur tidak menjadi terlalu sempit. Sebaiknya memisahkan tempat penyimpanan alat memasak dengan alat makan. Selain itu, agar dapur tampak lebih luas, sebaiknya menghindari menggantung dan menumpuk perkakas secara berlebihan.

2.      Menempatkan wadah dengan tepat.
Sebaiknya menyimpan aneka bumbu dalam wadah dengan ukuran yang sesuai dan meletakkannya di tempat yang tidak lembab serta mudah dijangkau. Untuk perkakas kecil seperti pisau, sendok, dan garpu, sebaiknya disimpan di tempat yang jauh dari kompor agar tidak mudah tertempel minyak.

3.      Bersihkan selalu tempat mencuci piring.
Dapur yang kotor adalah sarang kuman. Agar dapur kita tidak menjadi sumber penyakit, usahakan agar selalu membuatnya bersih. Sebaiknya sih, mulai meninggalkan kebiasaan menumpuk perkakas kotor. Usahakan juga agar tidak menyisakan sisa-sisa kotoran di bak cuci piring setiap selesai mencuci piring.

4.      Pencahayaan yang cukup.
Cahaya yang terang membuat dapur tampak bersih dan tidak lembab. Meskipun dapur berada di bagian dalam rumah, sebaiknya memiliki akses dengan sinar matahari dan udara luar ruangan. Selain agar terang, tidak lembab, juga membuat sirkulasi udara semakin baik.

5.      Harus ada tempat sampah.
Nah, ini adalah salah satu sarana yang wajib ada di dapur. Sebaiknya selalu disediakan kantung khusus agar keranjang sampahnya tidak lekas kotor. Kita juga harus sering mengganti kantungnya dan membuangnya ke tempat sampah di luar rumah agar bau tidak sedap yang ditimbulkan oleh sampah tidak mencemari ruangan.


Bagaimana, mudah bukan? Agar setiap ibu dan anggota keluarga lain merasa nyaman berada di dapur, tak ada salahnya mulai menerapkan 5 tips sederhana di atas. Selamat mencoba.


ilustrasi: pixabay.com

Komentar

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

Yati "Sum Kuning" Surachman, Legenda Hidup Indonesia

TIPS MENJAGA KOMITMEN DALAM PERNIKAHAN JARAK JAUH

MINDER dan solusi mengatasinya