4 Alasan Kenapa Harus Melakukan Pre-Launching Produk



4 Alasan Kenapa Harus Melakukan Pre-Launching Produk

            Apa sih pre- launching produk itu?
Pre-launching produk adalah suatu upaya memperkenalkan sebuah produk ke khalayak luas sebelum produk tersebut dijual atau dipasarkan.
Lantas, hal apa saja yang menjadi alasan kenapa pebisnis harus melakukan pre-launching produk terlebih dahulu sebelum produk tersebut dilepas ke pasaran?

1.      Agar Produk dikenal Luas?
Tentu saja, pebisnis harus menjalankan strategi viral marketing. Artinya, pebisnis harus berusaha menciptakan kondisi agar produk yang hendak dijual diketahui khalayak luas dan menjadi bahan perbincangan.
Strategi ini bisa dilakukan dengan memanfaatkan media sosial. Para pebisnis bisa memposting produk yang belum diluncurkan itu dengan menjelaskan kelebihan-kelebihannya secara detail. Selain itu, bisa juga meminta pendapat dari para audience. Lakukan komunikasi yang intens dengan para calon pembeli. Atau bisa juga dengan mengadakan kuis berhadiah untuk memancing ketertarikan audience.

2.      Untuk Melakukan Tes Pasar.
Sebelum meluncurkan sebuah produk ke khalayak luas, seorang  pebisnis harus melakukan tes pasar terlebih dahulu.
Meskipun sebuah produk belum selesai secara keseluruhan, tidak ada salahnya menunjukkannya kepada para calon pembeli. Hal ini untuk mencari tahu apa pendapat orang tentang produk yang akan diluncurkan.
Keuntungannya, dengan cara ini pebisnis bisa mengetahui respon dari para audience. Apabila kurang mendapat respon,  jadi bisa segera mengetahui, bagian mana yang harus segera diperbaiki.

3.      Untuk Menguji Produk.
Meskipun sudah merasa yakin dengan produk yang akan diluncurkan, tetapi belum tentu pendapat  itu sama dengan orang lain.
Karena produk yang akan dijual itu untuk mereka, jadi ada baiknya pebisnis meminta pendapat mereka terlebih dahulu.
Mintakan pendapat tentang bagaimana produk yang akan  diluncurkan. Apakah kualitasnya sudah bagus?  Lalu apakah penampilannya sudah menarik? Dan berbagai pertanyaan lain yang bersifat menguji sebuah produk.

4.      Mendapat Pemasukan Untuk Menambah Biaya Produksi.
Pebisnis sudah bisa mulai menjual produk, bahkan saat masih dalam tahap pre-launching ini. Untuk menarik minat pembeli,  bisa dengan memberikan diskon khusus pada masa pre-launching ini.
Dengan cara ini, kedua pihak sama-sama mendapatkan keuntungan. Pembeli akan mendapat keuntungan karena mendapat harga yang lebih ringan. Sedangkan pebisnis juga mendapatkan tambahan dana untuk biaya produksinya.

Demikianlah 4 alasan, kenapa  pebisnis harus melakukan pre-launching produk.  Hal ini berlaku juga buat para pebisnis tulisan alias para penulis buku. Lakukan pre-launching, bahkan sebelum buku diterbitkan.


Komentar

Postingan populer dari blog ini

Yati "Sum Kuning" Surachman, Legenda Hidup Indonesia

TIPS MENJAGA KOMITMEN DALAM PERNIKAHAN JARAK JAUH

MINDER dan solusi mengatasinya