Kamis, 04 Januari 2018

CARA TEPAT MENGAJARI ANAK MENABUNG

ilustrasi:pixabay.com


CARA TEPAT MENGAJARI ANAK MENABUNG

          “Bunda, adek mau punya jam tangan seperti punyanya Nayla dong. Itu lho, Bun yang ada lampu senternya, terus bisa juga dibawa nyebur waktu berenang. Bagus deh, Bun,” pinta salah seorang anak perempuan saya.
          Waktu itu kami sedang berada di sebuah pusat perbelanjaan, jadi kemudian kami pun lalu melihat-lihat barang yang diinginkan oleh anak saya tersebut. Ternyata harga dari barang tersebut tidaklah murah. Saya pun kemudian berkata kepadanya,
“Kalau adek ingin jam tangan seperti itu, adek harus menabung dulu. Bila perlu adek tidak usah jajan dulu, ya.”
“Tapi nanti terkumpulnya lama, Bunda. Kalau sudah habis dibeli orang lain bagaimana?” ucapnya dengan nada khawatir.
“Jam tangan seperti itu dibuat dalam jumlah yang banyak oleh pabriknya. Jadi, adek tidak perlu khawatir kehabisan. Yang peanting mulai sekarang adek rajin nabung dulu, kalau masih kurang nanti akan bunda tambah,” jawab saya mencoba melegakan hatinya.
Anak saya itu pun mengangguk dan tersenyum lega.
          Seorang anak memang perlu diajarkan tentang cara menabung sejak masih dini, sehingga mereka nantinya dapat memenuhi keinginannya sendiri terhadap sesuatu dengan cara mengumpulkan uang sakunya yang disisihkan sedikit demi sedikit.
          Kapan saat yang paling tepat untuk mengenalkan dan mengajari anak tentang pentingnya mengatur keuangannya sendiri ini?
          Kita bisa melakukan edukasi secara bertahap dimulai dari ketika si anak sudah mulai mengenal berbagai macam nominal uang dan apa itu kegunakan uang.
          Pada umumnya, anak-anak itu lebih mudah belajar dengan cara melihat dan meniru. Maka dari itu, cara yang paling pas untuk mengajarkan tentang kemandirian keuangan kepada anak itu ya dengan memberikan contoh nyata.

AJARI ANAK UNTUK MENGHARGAI UANG RECEHANNYA
          Familiar dengan “celengan”? Sebuah benda kecil dengan lubang di tengah yang berfungsi untuk memasukkan uang receh? Semasa kecil dulu kita biasa menyimpan uang receh kita ke dalam celengan, kan? Maka tak ada salahnya mengajari anak untuk melakukan hal serupa.
          Jadikan celengan sebagai “bank kecil” mereka. Orang tua bisa memberikan celengan dengan bentuk atau gambar yang disukai oleh anak-anak. Biarkan mereka memilih sendiri celengan yang mereka sukai. Dorong mereka untuk rajin menyimpan uangnya di bank kecil milik mereka itu.

KENALKAN PADA ANAK TENTANG KONSEP PENGANGGARAN
          Orangtua bisa memulainya dengan memberikan uang saku kepada anak sesuai dengan usia dan kebutuhannya. Dengan cara ini, anak diajarkan untuk menggunakan uangnya sesuai dengan jatah yang mereka terima.
          Untuk anak yang sudah lebih besar, orangtua bisa mulai mengajarkan tentang apa itu penganggaran. Ajari anak untuk membuat daftar belanjanya sendiri. Kenalkan kepada mereka tentang apa itu skala prioritas, sehingga mereka bisa belajar bijak menggunakan uangnya sendiri.

KENALKAN TENTANG KONSEP MENABUNG YANG BENAR
          Biasakan anak-anak untuk memenuhi keinginannya sendiri dengan cara menabung. Jangan lupa, tanamkan kepada anak tentang konsep menabung yang benar, yaitu bahwa menabung itu artinya “menyisihkan”, bukannya menyisakan. Jadi, ingatkan kepada anak agar selalu menyisihkan sebagian uangnya untuk ditabung terlebih dahulu setiap kali mereka baru saja menerima jatah uang saku.

AJARI ANAK UNTUK TIDAK LUPA BERBAGI
          Mengajari anak untuk mengelola dan menyimpan uangnya sendiri itu harus diimbangi dengan mengajarinya juga tentang peantingnya berbagi kepada sesama. Karena kalau hal ini terlewatkan, dikhawatirkan anak bisa menjadi pelit dan sulit berempati.
          Orangtua bisa menyampaikan kepada anak bahwa di dalam setiap rejeki yang diperolehnya itu teardapat hak orang lain juga. Maka dari itu, sering-seringlah untuk mengajak anak turut bersedekah atau membantu orang lain yang membutuhkan.

          Anak yang telah diajari mengelola uangnya sendiri dengan bijak sejak dini akan lebih bisa menghargai makna dari uang. Jadi, tak perlu ragu lagi untuk segera mulai mengajari anak-anak anda untuk menabung dan mengelola uangnya sendiri, kan?

Penulis,

Rara Radyanti

2 komentar:

  1. Nice sharing Mbak...
    Memang kalau sejak dini anak-anak kita ajarkan menabung nanti besarnya mereka akan lebih menghargai uang...Tidak sembarangan memakainya hingga hidupnya lebih terkelola. Insya Allah

    BalasHapus
  2. Sama-sama mbak Dian. Terima kasih juga untuk apresiasinya.
    Yup, itu intinnya, agar anak bisa menghargai nilai uang dan tidak sembarangan menggunakannya.

    BalasHapus