Seberapa Penting SOP Bagi Usaha Kecil


gambar: pixabay.com


Seberapa Penting SOP Bagi Usaha Kecil

Meskipun bisnis yang kita jalankan adalah bisnis berskala kecil, rasanya sebuah panduan bekerja tetaplah menjadi sebuah kebutuhan. Apalagi bila kita memiliki karyawan dengan tingkat intelektualitas yang tidak seragam.

Tidak semua karyawan bisa memahami dengan mudah setiap prosedur bekerja yang sudah kita contohkan. Oleh karena itu, ada baiknya untuk membuatkan sebuah panduan bekerja bagi mereka. Nah, petunjuk atau panduan dalam bekerja inilah yang bisa disebut dengan SOP atau Standard Operating Procedure.

Apa sajakah yang menjadi alasan bisnis kita harus memiliki SOP?  Apa pula manfaat dari adanya SOP?

1.      Sebagai Panduan Dasar Bekerja.
Tanpa adanya sebuah aturan, dimungkinkan para karyawan akan bekerja sekehendak hati menurut pemahaman mereka masing-masing. Kalau hal ini sampai terjadi, bukan tidak mungkin bisnis kita akan mendapatkan hasil yang mengecewakan.

2.      Sebagai Dasar dalam Mengembangkan Sebuah Usaha.
Agar bisnis yang dijalankan dapat berkembang sesuai harapan, maka harus ada keseragaman dalam mengerjakan proses produksinya. Untuk itulah sebuah SOP diperlukan.

3.      Sebagai Panduan Untuk Menghitung Target.
Dengan membuat SOP,  kita bisa mengukur dan menentukan target yang harus  dicapai melalui bisnis yang kita jalankan tersebut.

4.      Sebagai Panduan Untuk Melakukan Evaluasi.
Tidak hanya pembukuan yang harus dikoreksi, standar operasional usaha juga harus dievaluasi. Hal tersebut bertujuan agar apabila ada kekurangan atau mungkin malah berupa kesalahan, dapat segera dibenahi.

5.      Sebagai Panduan untuk Memberikan Exellent Service.
Kepuasan pelanggan memang menjadi tanggung jawab pemilik usaha. Namun demikian, untuk mewujudkan hal tersebut, dibutuhkan kerjasama dengan pihak pekerjanya juga. Dengan adanya SOP yang harus ditaati, para pekerja juga jadi memiliki tanggung jawab, sehingga dapat turut memberikan pelayanan yang memuaskan.

Nah, setelah memahami apa yang menjadi alasan sebuah bisnis harus memilik SOP lalu menerapkannya, maka kita akan merasakan betapa besar manfaatnya bagi kelancaran bisnis.
Dengan adanya SOP yang harus dipahami dan ditaati oleh karyawan, tentunya kita sebagai atasan tak perlu lagi berulang-ulang mencontohkan cara bekerja yang sesuai dengan standar operasional bisnis kita.
Dengan SOP, kita juga jadi lebih mudah mengontrol bisnis. Kita tidak harus selalu terpaku mengawasi para karyawan. Dengan demikian, kita dapat melakukan pekerjaan yang lain.
Dengan adanya SOP ini, kita dapat membuktikan diri bahwa kita sanggup berbisnis sambil tetap menjadi ibu rumah tangga yang baik dan bertanggun jawab.
Menyenangkan sekali bukan?
           



Komentar

Postingan populer dari blog ini

Yati "Sum Kuning" Surachman, Legenda Hidup Indonesia

TIPS MENJAGA KOMITMEN DALAM PERNIKAHAN JARAK JAUH

MINDER dan solusi mengatasinya