Kamis, 04 Januari 2018

Inilah Beberapa Area Sumber Penyakit di Dalam Rumah



Ternyata, di dalam rumah sendiri, ada beberapa area yang bisa menjadi sarang berkembangnya kuman. Area-area ini adalah tempat yang harus diwaspadai, karena dari situlah berbagai sumber penyakit bisa jadi berasal. Area mana saja yang harus diwaspadai?
1.    Dapur.
Area ini adalah tempat yang paling banyak menyumbang kuman. Di sinilah berbagai sumber penyakit bermula, terutama diare. Hal ini disebabkan karena selain sebagai tempat penghasil limbah rumah tangga, dapur juga kerap dihuni binatang-binatang pembawa kuman, seperti kecoa, lalat, dan tikus. Oleh karena itu, sebaiknya dapur segera dibersihkan tidak hanya setiap kali habis memasak saja, namun secara rutin setidaknya pada pagi dan sore hari. Buang sampah dapur secara rutin, jangan menunggu sampai penuh dan menguarkan bau busuk.
Dapur juga menghasilkan polusi udara yang bisa menimbulkan gangguan pernapasan. Jadi, sudah semestinya sirkulasi udara di dapur lebih diperhatikan dibanding di area lain. Maka dari itu, penggunaan exhaust sangat dianjurkan, agar udara dari dalam ruangan bisa keluar dengan cepat dan lancar.

2.    Kamar Tidur.
Tempat beristirahat anggota keluarga ini juga menjadi sarang berbagai sumber penyakit, seperti tungau dan partikel debu yang menempel di kasur, seprei, sarung bantal, guling, boneka, dan lain sebagainya. Oleh karena itu, semua benda yang ada di dalam kamar sebaiknya dibersihkan secara rutin setiap hari, dan secara menyeluruh setidaknya satu minggu sekali. Jangan pernah melewatkan pembersihan kolong-kolong tempat tidur, lemari, meja, dan kursi. Wajib mengganti seprei, selimut, dan alas perlengkapan tidur lain secara berkala. Kemudian, jangan lupa juga untuk rajin menjemur bantal, guling dan kasur (bila memungkinkan) di bawah terik matahari untuk menghalau tungau dan jamur.
Sebaiknya tidak membiarkan baju, baik yang masih bersih maupun yang kotor bergantungan agar tidak dihinggapi nyamuk.
Kita sebaiknya juga jangan sampai lupa untuk rutin membersihkan AC atau kipas angin. Jika tidak dirawat, AC bisa berjamur dan menyebabkan gangguan saluran pernapasan dan penyakit kulit. AC sebaiknya dibersihkan secara berkala setiap tiga bulan sekali dengan bantuan tukang service AC. Jangan lupakan juga kipas angin. Bila baling-balingnya tidak pernah dibersihkan, bisa menimbulkan gangguan saluran pernapasan juga.

3.    Kamar Mandi.
Bersihkan area ini setidaknya dua kali dalam seminggu. Apabila terdapat bak mandi, kuraslah secara rutin agar tidak menjadi sarang nyamuk. Sikat dinding dan lantainya, terutama closet-nya. Selain itu, hendaknya kita juga selalu membersihkan berbagai perlengkapan di kamar mandi, seperti tempat sabun, wadah sikat gigi, dan rak handuknya. Jangan pernah membiarkan handuk basah bergelantungan di tempat mandi. Rutinlah menjemur handuk di luar ruangan agar handuk tidak ditinggali jamur.

4.    Sumber Air.
Bagi yang tinggal di perkotaan, sebaiknya menjadi pelanggan PDAM dan air mineral untuk dikonsumsi. Tentu saja, ini adalah langkah terbaik yang harus diambil, karena bisa dipastikan sumber air di perkotaan telah tercemar berbagai limbah, terutama limbah manusia dari septik tank.


Itulah area-area di dalam rumah yang harus rajin kita jaga kebersihannya, karena kalau tidak, dapat menjadi sumber berbagai penyakit. Selain itu, apabila keluarga kita mempunyai binatang peliharaan, sebaiknya rajin memandikannya dan membersihkan kandangnya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar