Kamis, 04 Januari 2018

Jika Nyeri Haid Sampai Mengganggu Aktivitas



Jika Nyeri Haid Sampai Mengganggu Aktivitas

Mengonsumsi obat pereda nyeri adalah cara yang paling sering ditempuh oleh wanita saat nyeri haid datang melanda. Pada beberapa orang memang menunjukkan hasil yang memuaskan, namun apabila terlalu sering dikonsumsi sebenarnya kurang bagus juga, sih.

Ada beberapa cara sederhana yang bisa ditempuh untuk mengurangi, bahkan menghilangkan rasa nyeri yang seringkali sampai mengganggu aktivitas ini, yaitu:

1.      Kompres hangat
Apabila nyeri yang datang sungguh tak tertahankan, kita bisa melakukan kompres hangat pada bagian perut bawah yang kram dan nyeri. Kompres dilakukan dengan cara menempelkan botol atau kantong karet yang berisi air hangat di dalamnya. Bisa juga menggunakan handuk yang direndam dalam air hangat, disertai dengan pijatan lembut pada daerah yang terasa nyeri. Kompres ini bertujuan untuk melancarkan peredaran darah dan membuat otot-otot di sekitar perut menjadi lebih rileks, sehingga rasa nyeri bisa berkurang bahkan hilang.

2.      Minum jamu kunyit asam
Minuman tradisional ini dipercaya memiliki khasiat untuk meredakan nyeri haid dan menyegarkan tubuh. Cara membuatnya pun cukup mudah. Parut beberapa ruas kunyit secukupnya, tambahkan air sedikit lalu peras sarinya. Didihkan air bersama asam jawa dan gula merah, lalu saring. kemudiankan campurkan perasan kunyit tadi. Minumlah saat masih hangat agar membantu mengurangi nyeri.

3.      Makanlah makanan yang mengandung zat besi
Saat haid, wanita rentan mengalami anemia karena kekurangan sel darah merah. Oleh sebab itu, dianjurkan agar mengonsumsi makanan yang kaya akan zat besi, seperti bayam, daun singkong, kacang-kacangan, hati ayam, daging, dan ubi merah. Hindari minum minuman bersoda dan yang mengandung kafein seperti kopi, karena justru akan memperparah rasa nyeri. Selain itu, kita juga tetap harus minum banyak air putih dan makan buah-buahan supaya tubuh menjadi lebih segar dan terhindar dari dehidrasi.

4.      Mandi dengan air hangat
Air hangat yang mengguyur badan secara perlahan membuat tubuh jadi segar dan rileks. Tentu saja, hal ini dapat membantu mengurangi rasa nyeri saat haid.

5.      Istirahat yang cukup
Tidur setidaknya 8 jam sehari, yaitu 7 jam di malam hari dan 1 jam di siang hari dapat membantu tubuh menjadi lebih rileks dan segar, sehingga berangsur-angsur rasa nyeri haid jadi berkurang.

6.      Menghindari pakaian yang terlalu ketat
Pada saat haid, lebih baik mengenakan pakaian yang longgar dan nyaman, karena pakaian yang ketat dapat mengganggu sirkulasi udara, sehingga mengganggu kenyamanan, terutama pada saat mengalami nyeri haid.

7.      Ambil posisi menunggingkan badan
Inilah langkah sederhana yang kerap saya lakukan saat nyeri haid datang melanda. Menurut sebuah jurnal yang pernah saya baca saat masih gadis dulu, pada saat menungging, kondisi rahim jadi menggantung ke bawah, hal ini dapat membantu tubuh untuk relaksasi.

Demikianlah cara-cara yang bisa dilakukan untuk mengatasi dan menghilangkan rasa nyeri saat sedang haid agar tidak sampai mengganggu aktivitas sehari-hari. Namun, apabila rasa nyeri sungguh tak tertahankan sampai tidak bisa beranjak dari tempat tidur, atau mengeluarkan darah dalam jumlah sangat banyak di luar kewajaran, sebaiknya sih, segera memeriksakan ke dokter saja.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar