Kunci Sukses Menjalin Bisnis dengan Teman Dekat



Kunci Sukses Menjalin Bisnis dengan Teman Dekat

Salah satu hal yang kerap menjadi kendala pada saat akan memulai sebuah usaha adalah bagaimana mencari team yang solid. Kadangkala pilihan Anda jatuh kepada teman dekat Anda.  Hal tersebut dapat dimaklumi karena Anda sudah mengenal dengan baik teman Anda tersebut.

Akan tetapi, ternyata hanya mengenal secara baik saja tidaklah cukup. Semestinya Anda juga memastikan apakah teman Anda tersebut memiliki motivasi yang yang sama kuatnya dengan Anda dalam membangun bisnis tersebut.

Untuk itu, dibutuhkan kepekaan dan kejelian. Anda harus memastikan juga, apakah teman Anda itu adalah orang yang dapat dipercaya atau tidak? Tak ada salahnya, apabila ada,  Anda bisa mencari tahu tentang reputasi dia di kalangan pebisnis lain yang pernah bekerjasama dengannya.
Agar Anda merasa mantap dalam memilih partner berbisnis, ada hal-hal penting yang harus Anda perhatikan, diantaranya:

1. Buatlah kontrak kerja yang jelas.
Meskipun yang akan Anda ajak bekerjasama itu adalah teman sendiri, sebuah profesionalisme tetaplah dibutuhkan. Karena dalam dunia bisnis, kontrak adalah perjanjian yang akan menentukan segalanya.
Jangan pula lantas membuat kontrak kerja dengan teman menjadi lebih longgar dibanding dengan yang bukan teman. Kenapa? Karena pekerjaan tetaplah pekerjaan, yang harus diusung atas asas dan standar profesionalisme.

2. Jangan Membuang Sekat.
Meskipun Anda dan teman adalah sahabat dekat, ketika berada di dalam dunia bisnis, relasinya haruslah diperjelas. Posisi Anda sebagai apa, sedangkan posisi teman Anda sebagai apa.
Tetapi, sebaiknya hindari sikap sok ‘ bossy’ meskipun Anda berada dalam posisi sebagai atasan. Ingatlah bahwa bawahan Anda adalah teman yang juga punya perasaan. Buatlah hubungan yang professional namun tetap nyaman dan menyenangkan bagi hubungan pertemanan Anda.

3. Bijak dalam Mengatasi Setiap Permasalahan.
Menjadi emosional saat menghadapi sebuah masalah adalah hal yang wajar, karena yang namanya dunia bisnis tidak akan pernah terlepas dari permasalahan.
Apabila yang melakukan kesalahan adalah teman dekat Anda, pastilah membuat suasana menjadi canggung. Meskipun demikian, Anda harus tahu bagaimana menempatkan hubungan pertemanan Anda itu sebagaimana mestinya.
Di luar lingkungan kerja, bolehlah Anda tetap bersenda gurau dengan teman Anda yang sedang bermasalah itu. Namun, di dalam lingkungan kerja, kalau urusannya bersinggungan dengan bisnis, ya Anda harus tetap professional.
Jangan pernah merasa sungkan untuk menegur dan mengingatkan teman Anda saat dia melakukan kesalahan. Posisi teman sudah harus berubah jika berada dalam ranah bisnis. Meskipun demikian,tetap  selesaikan setiap permasalahan secara professional namun juga jangan sampai memutus tali persahabatan.

4. Pastikan Anda dan Teman Tetap Punya Waktu untuk Bersosialisasi Bersama.
Sebaiknya Anda tetap meluangkan waktu untuk berkumpul dan bersosialisasi bersama dengan teman-teman yang lain seperti pada saat Anda belum berbisnis dengan teman Anda. Anda hanya perlu membedakan waktunya.
Apabila memang sudah bukan jam kerja, maka bersosialisasilah. Lupakan sejenak semua hal yang berkaitan dengan bisnis. Usahakan tetap menjalankan aktivitas yang menyenangkan , seperti hangout bareng, melakukan olahraga favorit bersama, nonton bersama teman-teman yag lain, dan sebagainya.
Sebaiknya, hubungan pertemanan memang jangan sampai tertutupi oleh urusan bisnis semata. Hal-hal kecil seperti disebut di atas dapat memperbaiki hubungan yang kendur di waktu kerja dan membuat aman situasi pertemanan Anda.

Apabila Anda memahami kunci membina hubungan bisnis dengan teman dekat seperti uraian di atas, maka permasalahan-permasalahan kecil yang terkadang muncul dapat diminimalisir.
Hubungan Anda dengan teman dapat tetap terjalin dengan baik dan menyenangkan sehingga kerjasama bisnis Anda pun menjadi semakin bergairah dan berujung pada kesuksesan.
Selamat menerapkan. Semoga bisnis Anda semakin sukses dan pertemanan Anda pun tetap terjalin dengan baik.
           


Komentar

Postingan populer dari blog ini

Cara Merawat Buku yang Rusak Akibat Terlalu Lama Disimpan

4 Alasan Kenapa Harus Melakukan Pre-Launching Produk

Review: Biolage Scalp Refresher, Serum Rambut dengan Sensasi Dingin Menyegarkan