Kamis, 04 Januari 2018

Pentingnya Memantau Tumbuh Kembang Balita




Pentingnya Memantau Tumbuh Kembang Balita


Proses tumbuh kembang seorang anak merupakan suatu masa yang penting dalam kehidupannya, terutama pada tahun-tahun pertama kehidupan si anak. Proses tumbuh kembang tersebut sangat dipengaruhi oleh dua faktor yang sangat berperan, yaitu  faktor genetik dan faktor lingkungan.

Untuk mengetahui apakah tumbuh kembangnya berjalan dengan optimal atau tidak, sangat dibutuhkan pemantauan kita sebagai orang terdekatnya secara periodik dan berkala. Tentu saja, kita membutuhkan bantuan orang lain untuk melakukannya, yaitu dengan bantuan dokter, bidan, dan tenaga kesehatan lain.
 
Apa sajakah yang semestinya rutin kita pantau terhadap tumbuh kembang balita?

1.    Memantau aspek pertumbuhannya.
Kita bisa melakukannya dengan secara rutin menimbang berat badan anak  serta mengukur tinggi badan dan lingkar kepalanya. Kegiatan ini sebenarnya bisa dilakukan sendiri di rumah, namun tidak ada salahnya kita melakukannya di rumah sakit atau posyandu terdekat agar normal atau tidaknya kondisi anak bisa segera diketahui. Di tempat tersebut, kita juga bisa sambil melakukan konsultasi tumbuh kembang anak.
Untuk orangtua yang masih memiliki anak balita, pemantauan sebaiknya dilakukan secara rutin tiap satu kali dalam sebulan. Ingatlah bahwa pada usia ini adalah masa golden age. Jadi, orangtua harus sangat memperhatikan asupan nutrisi anak.
Selain itu, kita sebagai orangtua juga semestinya memperhatikan kebutuhan imunisasi anak. Untuk ini, tentu saja kita membutuhkan bantuan tenaga medis. Pastikan bahwa anak telah mendapatkan imunisasi dasar secara lengkap.

2.    Memantau aspek perkembangannya.
Hal ini meliputi kemampuan motorik kasar dan kemampuan motorik halus anak. Selain itu juga kemampuan sosial, bahasa, dan juga kemampuan kognisi anak. Selain bisa melakukan pemantauan secara mandiri, kita sebenarnya juga membutuhkan orang lain yang berpengalaman untuk membantu pemantauan perkembangan anak. Sekali-sekali, berdiskusilah dengan orang yang sudah lebih berpengalaman membesarkan anak tentang pentingnya hal ini dilakukan. Kita tidak bisa menjadi orangtua yang egois. 

Sebagai orangtua, kita harus mengetahui secara pasti apakah anak telah mencapai pertumbuhannya secara optimal sesuai potensi genetik yang dimilikinya atau belum?
Selain itu, dengan melakukan pemantauan secara periodik dan berkala ini bisa segera diketahui secara dini apabila ada penyimpangan atau ketidaksesuaian dalam tahapan tumbuh kembang seorang anak sesuai dengan usianya.

Dengan melakukan pemantauan tumbuh kembang balita secara baik, diharapkan pertumbuhan dan perkembangan anak dapat optimal seperti yang diharapkan setiap orangtua.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar