Istri adalah Tanggungjawab Suaminya




Istri adalah Tanggungjawab Suaminya


Setelah ijab kabul diucapkan, tanggung jawab terbesar suami sebagai pemimpin keluarga adalah, “Bagaimana menyelamatkan istrinya dari siksa api neraka.” Dengan kata lain, begitu menyandang gelar “suami”, laki-laki berkewajiban mendidik istrinya, baik itu mendidik perilakunya, maupun akhlaknya.

Kenapa?

Karena sejak saat itulah suami mulai menanggung dosa-dosa istrinya. Di akhirat nanti, para suami akan ditanyai tentang istrinya dan dimintai pertanggungjawaban atas orang yang kini dipimpinnya itu.

***


Demikian saya dengar dari seorang ustadz di salah satu channel religi sebuah stasiun radio. Sang ustadz mencontohkan cara Rasulullah mendidik istrinya. Salah satu contohnya, yaitu dengan mendidik Aisyah untuk tidak pelit. Dengan demikian, Aisyah pun menjadi orang yang dermawan. Dengan didikan dari Rasulullah, Aisyah jadi paham bahwa dengan bersedekah, hartanya tidak akan pernah berkurang.

Rasulullah juga mendidik istrinya untuk rajin melaksanakan qiyamul lail. Beliau selalu membangunkan istrinya untuk melaksanakan sholat malam.
Sebagai umat nabi Muhammad SAW, para suami pun hendaknya mencontoh beliau. Sesibuk apapun, biasakanlah untuk selalu mengecek kualitas dan kuantitas ibadah istrinya. Selain ibadah wajib, ingatkan ibadah sunahnya. Misalnya,
“Sudah sholat dhuha belum, Bunda?”
“Sudah baca quran belum, Ma?”
“Jangan lupa zikirnya, Umi.”
Ingatkan juga, sudah meng-qodo puasanya, belum? Kan wanita pasti ada bolong-bolongnya tuh pas puasa ramadan.

Didiklah istri dengan cinta dan kasih sayang. Jangan sekali-kali mendidiknya dengan kekerasan. Istri Anda memang milik Anda, tapi tubuhnya adalah miliknya, hatinya pun tetap menjadi miliknya sendiri.

Banyak sekali tuntunan membimbing dan mendidik istri yang baik dan benar sesuai dengan perintah Allah di dalam Al quran. Mulai dari sindiran, teguran halus, memisahkan ranjangnya, hingga pukulan ringan yang tidak melukai. Semua ada aturannya dan dimaksudkan untuk mendidik istri.

Suami yang baik juga semestinya mengetahui dengan siapa saja istrinya bergaul dan berinteraksi, baik di dunia nyata maupun di dunia maya. Hal ini bukan untuk mengekang, tetapi untuk mengontrol. Nggak ingin, kan, kejadian yang menimpa bapak-bapak anggota TNI akibat ulah istri-istrinya itu menimpa Anda?

Duh, sampai mules perut ini kalau ingat peristiwa itu.

Namun, sebenarnya ada hikmah yang bisa kita petik dari kejadian itu, lho. Selain mengingatkan pada diri untuk selalu menjaga lisan, juga mengingatkan bahwa “Istri adalah tanggungjawab suami.” Ini adalah petunjuk dari Allah. Dan aturan dari Allah memang tak pernah salah. Instansi terkait sudah sangat tepat dalam mengadaptasi perintah Allah tersebut.

Sekali lagi tentang, “istri adalah tanggungjawab suami.” Hal ini tentulah bisa membuat kita semakin bisa memahami apabila banyak ibu-ibu yang memiliki putra dengan usia matang, mulai sangat selektif terhadap calon-calon pendamping bagi putra-putranya.
Tentunya kekhawatiran tersebut adalah hal yang wajar. Ketika anak sudah dididik sebaik mungkin dari sejak lahir hingga dewasa dan dibekali dengan ilmu agama yang benar, bagaimana kalau tahu-tahu dapat istri yang ‘ngeyelan’ dan nggak bisa dididik, baik akhlak maupun perilakunya?

Sebagai seorang ibu yang juga memiliki anak lelaki, saya dapat memahami kekhawatiran seperti itu. Anak laki-laki kita, ketika dia telah berstatus suami, maka dia memiliki tanggungjawab penuh terhadap istrinya, dan harus siap menanggung dosa-dosa istri yang semestinya bisa dia didik. Tentu saja, ibu mana pun nggak akan tega anaknya harus menanggung dosa wanita yang nggak bisa menjaga akhlak dan perilakunya, bukan?

Jadi, wahai sahabat-sahabat wanita di manapun Anda berada, kalau ibu atau bapak mertua Anda memberikan nasihat, jangan mudah merasa jengkel. Berpikirlah positif. Yakinlah, mereka bukan mau mengatur Anda, justru mereka sedang membimbing Anda agar bisa menjadi istri yang baik. Meskipun tentu saja akan ada terselip harapan agar anaknya tidak harus menanggung dosa berlipat-lipat, yaitu dosanya sendiri dan dosa istri yang harus ditanggungnya.

Sahabat wanita, jika Anda menyayangi suami Anda, tentunya tidak ingin dia punya banyak tabungan dosa, bukan? Maka, bantulah dia meraih pahala dengan keberhasilannya membimbing Anda menjadi wanita saleha. Jadilah istri yang patuh dan taat pada suami, selama itu berada pada jalan Allah.

Sebenarnya hal tersebut tidaklah sulit apabila wanita menyadari dan memahami betapa berat tanggungjawab suami. Mulai dari kewajiban memberi nafkah lahir dan batin kepada istri, menutupi aib istri, mendidik dan membimbing istri di jalan Allah, hingga menanggung dosa-dosa istri yang gagal dididik.

Islam adalah agama yang sangat memuliakan wanita. Bahkan, Allah akan membukan pintu surga seluas-luasnya, dan membolehkan para kaum hawa tersebut untuk memasukinya dari pintu mana saja. Tapi tentu saja dengan sebuah syarat, yaitu, selalu melaksanakan sholat lima waktu, berpuasa penuh di bulan ramadan, menjaga martabatnya (menghindari zina), dan patuh pada suaminya. Bila semua itu dapat dipenuhi, maka pintu surga terbuka lebar bagi wanita.

Maka dari itu, jadilah bidadari bagi suami Anda, yaitu bidadari yang menciptakan surga, baik surga bagi dirinya sendiri, maupun bagi suaminya.


Rara radyanti

#wanita
#genggameratcintadiadanDia





Komentar

  1. Jadi terus melihat ke diriku sendiri nih mba'.. Aku nya rasanya masih perlu belajar banyak untuk dikatakan istri sholehah

    BalasHapus
  2. Sama, mbak. Diriku pun begitu. Masih terus belajar dan belajar. Melalui tulisan ini, niat buat self reminder juga.

    BalasHapus
  3. Masha Allah. Ayo girls, semangat berbenah dan terus berbenah. Wanita memang sangat istimewa.

    BalasHapus
  4. Saya juga masih berusaha belajar menjadi isteri yang baik dan sholehah..semoga kita semua diberikan kemudahan dan istiqomah untuk selalu belajar

    BalasHapus
  5. Andai para suami tahu hak dan kewajibannya seperti ini tidak akan ada yang namanya saling menyalahkan yaa

    BalasHapus
  6. Iya nih, harus bebenah diri. Belum jadi istri yg sholehah. Aku masih sering protes🙈

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

Cara Merawat Buku yang Rusak Akibat Terlalu Lama Disimpan

4 Alasan Kenapa Harus Melakukan Pre-Launching Produk

Review: Biolage Scalp Refresher, Serum Rambut dengan Sensasi Dingin Menyegarkan