Sembuh, Aplikasi yang Mempertemukan Pasien, Fighter, Survivor, dan Dokter dalam Satu Grup Support Kesehatan




Bagi orang yang sedang sakit, untuk mendapatkan kesembuhan terkadang harus melalui perjalanan yang penuh liku. Misalnya pada survivor cancer yang harus berulangkali melakukan kemoterapi, pada penyintas autoimun yang harus mengonsumsi obat-obatan dalam jangka waktu yang teramat panjang, dan pada para fighter yang harus terus berjuang melakukan pengobatan kesana kemari. Mau tak mau, kualitas hidup jadi menurun. Bahkan, beberapa aktivitas terpaksa harus dibatasi, atau malah ditiadakan apabila tak ingin penyakitnya terus menerus kambuh. Dengan semua kondisi tersebut, rasa lelah dan jenuh pasti akan menghampiri.

Terkadang, di tengah rasa jenuh dan lelah yang berkepanjangan tersebut, kerap terlintas keinginan untuk sekadar mencurahkan isi hati. Tetapi sayangnya tidak semua orang bisa dan mau memahami rasa sakit yang dialami, bahkan mungkin beberapa diantaranya justru tak perduli, dan cenderung meremehkan, menganggap manja, sampai melabeli diri si sakit dengan sebutan “tukang ngeluh”. Tentu saja hal tersebut sangat tidak menyenangkan, ya.

Dengan rasa sakit yang harus terus dialami, kelelahan dan kejenuhan dalam menjalani pengobatan, tentunya yang dibutuhkan adalah support, terutama yang berasal dari orang-orang terdekat, bukan malah mendapatkan tekanan yang dapat melemahkan penyakit, bukan?

Kabar baiknya nih, kini ada sebuah aplikasi yang menyediakan suport grup kesehatan, di mana pada aplikasi ini akan dipertemukan antara pasien, fighter, survivor, dengan para dokter di sebuah grup khusus. Jadi, kalau kita sudah terdaftar menjadi membernya, kita bisa mengikuti chat di sebuah grup kesehatan yang kita pilih. Di sana, kita bisa saling berbagi info, curhat dengan sesama penyintas, bahkan bisa berkonsultasi dengan dokter. Menarik, ya.

Masih penasaran dengan aplikasi ini? Yuk, aku coba jelaskan perlahan, ya.

Sembuh App memang sengaja dibuat untuk mewadahi orang-orang yang peduli dengan kesehatan, baik sebagai penyintas maupun pemerhati dengan para pakar dan tenaga kesehatan. Beragam aktivitas yang bisa dilakukan di aplikasi ini, diantaranya:

1. Berkenalan dengan teman seperjuangan. 
Melalui grup support yang bisa dipilih sesuai dengan kebutuhan, kita bisa berkenalan dengan sesama penyintas, yaitu orang-orang yang satu perjuangan dalam melawan penyakit yang sama.

2. Curhat keluhan dan kebahagiaan.
Saat sedang berada dalam kondisi tertentu, tidak hanya keluhan yang bisa kita curahkan dengan sesama teman seperjuangan, namun juga kebahagiaan. Hati yang bahagia adalah obat paling mujarab, sehingga alangkah baiknya bila kebahagiaan pun dibagikan kepada sesama teman. Aplikasi ini memungkinkan hal tersebut terwujud.

3. Ngobrol bareng dokter di support grup. 
Hari gini curhat sepuasnya sama dokter? Sesuatu yang jarang banget, ya. Secara, dokter di tempat prakteknya sangat sibuk dan waktunya juga sangat terbatas karena ditunggu oleh banyak pasien dan tindakan-tindakan pengobatan yang harus mereka lakukan. Namun di support grup, ngobrol sepuasnya dengan dokter menjadi hal yang sangat mungkin. Dan karena ngobrolnya itu di forum diskusi, jadi informasi dan edukasi kesehatan yang kita inginkan bisa diketahui juga oleh teman-teman seperjuangan yang berada di grup yang sama, sehingga diskusinya bisa berjalan lebih seru dan real.
Tapi perlu digarisbawahi nih, ya, bahwa ngobrol dengan dokter di sini tidak sama dengan konsultasi dokter, ya. Karena dalam pengobatan yang tepat, dokter harus menganalisa secara mendalam mengenai kondisi dan riwayat medis pasien, di mana kadangkala diperlukan pemeriksaan fisik, cek laboratorium, dan tindakan-tindakan medis lain.

4. Berbagi kisah sembuh.
Melalui aplikasi ini, member juga bisa berbagi dan membagikan kisah kesembuhannya pada member-member yang lain. Tentunya hal tersebut dapat memacu semangat penyembuhan dan pemulihan.

5. Berbagi review produk kesehatan dan kecantikan. 
Jadi, tidak hanya seputar kesehatan saja yang ada di aplikasi Sembuh, namun juga tentang kecantikan.

6. Berbagi informasi advokasi kesehatan, menyampaikan aspirasi pasien ke pemerintah dan stakeholder. Semua itu memungkinkan untuk dilakukan melalui aplikasi Sembuh.

7. Berbagi donasi, donor darah, dan lain-lain.

Dengan berbagai aktivitas yang bisa dilakukan di Sembuh App, tentunya ada banyak fitur penunjang yang disediakan.
Fitur Apa Saja yang Ada di Aplikasi Sembuh

Support Group
Fitur ini adalah fitur andalan dari aplikasi Sembuh yang berupa grup chat. Bentuk grup chat-nya seperti grup chat yang biasa kita pakai di smartphone, semisal WA, Line, dan sebagainya. Namun bedanya, fitur chat di aplikasi Sembuh, khusus diperuntukkan bagi member untuk berbagi dan melakukan aktivitas bersama para sahabat seperjuangan, survivor, dan para tenaga kesehatan yang berada di aplikasi Sembuh. 
Kelebihan lain di support grup Sembuh App, terdapat reputation score, yaitu poin reputasi. Jadi, jika chat atau review dari member yang dipost mendapat like atau dishare oleh pengguna lain, maka reputation score-nya akan naik, dan sebaliknya akan turun bila didislike atau direport oleh member lain. Semakin tinggi reputation score, maka semakin kredibel opini-opininya, sehingga para member bisa membedakan mana pengguna yang senang berbagi manfaat dan mana pengguna yang kurang baik. Sistem ini memang sengaja dibuat untuk menjaga lingkungan di grup support agar hanya diisi oleh orang-orang yang bertanggungjawab.


Fitur Anonim
Terkadang, ada beberapa orang yang merasa malu untuk mengungkapkan jati diri di saat ingin mencurahkan uneg-unegnya. Nah, di aplikasi Sembuh ini disediakan fitur anonim, yaitu sebuah fitur yang memungkinkan kita menggunakan profil anonim saat akan berinteraksi di support grup, sehingga kita bisa berbagi cerita dengan bebas dan tenang, sementara itu identitas pribadi kita tetap terjaga.

Event
Di aplikasi Sembuh, sering diadakan berbagai event, terutama event bincang kesehatan dengan para pakar, namanya Sembuh Sharing Seassion. Melalui event ini, kita bisa ngobrol bareng sepuasnya dengan para tenaga kesehatan dan teman-teman seperjuangan para penyintas dan survivor.

Review Directory
Di aplikasi Sembuh, kita bisa mencari informasi, review dan rekomendasi dokter, serta rumah sakit. Nah, dengan fitur ini kita bisa banget berbagi rekomendasi dan kisah pengobatan kita dengan dokter atau rumah sakit pilihan kita. Pengguna Sembuh App bisa memfilter review dokter atau rumah sakit berdasarkan kasus yang ditangani untuk melihat kisah sembuh pejuang lain yang mirip atau sesuai dengan kondisi member. Mantap, ya.


Health Edu
Banyak informasi-informasi kesehatan yang bisa didapat melalui aplikasi ini, diantaranya melalui artikel-artikel kesehatan yang dipost di Sembuh App.


User Profile
Fitur ini khusus buat member mengelola akun pribadinya, minat, dan profil anonim yang diinginkan.

Sangat menarik ya, fitur-fitur yang ada di aplikasi Sembuh? Aplikasi ini bisa didownload secara gratis di Google Playstore. Tetapi, untuk sementara ini baru bisa diakses oleh user yang terbatas. Untuk mendaftarkan akun, kita harus memasukkan kode member terlebih dahulu, dan kode member ini baru dipublikasikan secara terbatas melalui event, komunitas, dan circle tertentu. 

Pengalaman saya, saya mendapatkan akses masuk melalui seseorang di komunitas kesehatan yang  saya ikuti. Nah, kalau ada yang ingin banget mendaftarkan akun di aplikasi Sembuh, namun belum juga mendapatkan kode member, bisa banget ya mengontak adminnya di:
E-mail: cs@sembuh.id
WA official: 081212337724
LINE official: sembuh.id

Last but not least, aplikasi sembuh memang bukan untuk ‘menyembuhkan’ karena sebenarnya kesembuhan hanya bisa diberikan oleh Tuhan. Namun, setidaknya, melalui aplikasi ini, kita berusaha bersama agar hidup kita ini tidak dikontrol oleh penyakit, tapi kitalah yang harusnya berdaya, berjuang bersama untuk mengontrol kondisi kita masing-masing. Pas banget ya, dengan tagline-nya Sembuh App, yaitu 

Tuhan yang menyembuhkanku, Dokter yang merawatku, Support group Sembuh sahabat sejatiku.”

So, kapan lagi kita bisa ngobrol seru sepuasnya bareng dokter dan sahabat-sahabat seperjuangan? More info, klik di sini

Bersama aplikasi Sembuh, We Fight, we care, we are healthy together.


Ditulis oleh 
Rara Radyanti

Komentar

  1. Wah, makin berkembang ya aplikasi saat ini, ibaratnya segala kebutuhan ada, termasuk bertemu dan berdiskusi teman seperjuangan untuk sembuh

    BalasHapus
  2. Berarti kita bisa.beranggapan bahwa Sembuh bisa jadi sumber kebahagiaan, inspirasi dan perjuangan bersama bagi para fighter, penyintas penyakit yang berjuang untuk sembuh. Semangat, kawan-kawan.

    BalasHapus
  3. Bagus nih aplikasinya. Kadang buat teman-teman yang perlu orang lain untuk berbagi, hrs bener-bener yg ngerti yah. Kalo ga bisa salah kasih nasihat...Nanti malah kesannya toxic gitu.
    Makasih infonya...

    BalasHapus
  4. Wah lengkap banget ni fiturnya. Sangat berguna pastinya buat kita-kita yang butuh temen curhat, butuh advice dan komunitas yg positif untuk mempertahankan kesehatan diri. Dengan saling support seperti ini, kualitas hidup pasti bakalan meningkat ya.

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

Cara Merawat Buku yang Rusak Akibat Terlalu Lama Disimpan

Yati "Sum Kuning" Surachman, Legenda Hidup Indonesia

Yuk, Me Time dengan "Me-Time"