Kiat Menjadi Wanita yang Mampu Mengendalikan Masa Depan Keuangannya



Seperti apa sih, seseorang itu bisa dikatakan kuat ekonominya?
Apakah yang punya banyak tabungan? Punya banyak aset investasi? Punya banyak sumber penghasilan?

Kalau menurut saya sih, orang yang kuat ekonominya itu ya, orang yang benar- benar memahami dan mengamalkan prinsip-prinsip ekonomi di dalam kesehariannya. Mmm ... yang seperti apa, tuh?

Masih menurut saya, nih, orang yang kuat ekonominya itu bisa dikenali, kok. Bukan yang mentereng penampilannya, bukan pula yang 'wah' pembawaannya, karena bisa jadi itu hanya penampakan yang dipaksakan saja. Biasanya nih, ada beberapa ciri yang bisa kita lihat dari orang yang kuat ekonominya, antara lain:

- Hemat
Bersikap hemat tidak sama dengan pelit. Orang yang gemar berhemat, biasanya akan menghindari pemborosan, yaitu dengan membeli barang berdasar apa yang benar-benar menjadi kebutuhannya saja. Orang yang hemat, biasanya berpenampilan sederhana.

-Memahami Skala Prioritas
Orang yang pandai berhemat, biasanya juga paham dengan apa itu skala prioritas. Dia mengerti bagaimana menempatkan antara mana kebutuhan yang mendesak untuk dipenuhi dan mana kebutuhan yang pemenuhannya bisa ditunda.

-Rasional
Dalam membelanjakan uangnya, orang yang sudah kuat ekonominya akan selalu berpikir secara rasional dengan mengedepankan akal sehatnya dan mengesampingkan hawa nafsunya.
Biasanya nih, karena mampu berpikir secara rasional, maka dalam melakukan kegiatan-kegiatan ekonomi, mereka akan selalu memperhitungkan untung dan rugi.

Orang yang kuat ekonominya tidak memandang gender, baik pria maupun wanita, bisa sama sama kuat atau bisa sama-sama lemah. Namun tidak bisa dipungkiri, sampai saat ini dunia masih memandang wanita sebagai sosok yang lebih lemah, tidak hanya fisik dan jiwanya saja, namun juga dinilai lebih lemah dalam menghadapi kondisi ekonomi di kehidupannya. Wanita kerap mendapat stigma negatif dalam urusan pembelanjaan uangnya. Dibilang boros lah, nggak pikir panjang lah, dsbnya. Bahkan sudah menjadi rahasia umum kalau wanita itu masih lebih mudah tergoda pada barang yang bagus daripada pria. Jiwa seorang wanita juga dianggap lemah untuk menolak berbagai keinginan. Ditambah lagi, wanita juga dianggap kerap berlaku tidak rasional ketika dihadapkan pada problematika keuangan. Sungguh menyebalkan mendapat anggapan-anggapan seperti itu, ya?

Apakah Anda merasa stigma seperti itu benar adanya? Atau Anda memang merasa seperti itu? Kalau iya, barangkali Anda butuh menjadi gelas kosong dulu, lalu ikuti rangkaian acara Financial Women Empowerment Series yang akan diselenggarakan oleh Stellar Women ini, nih. Dalam rangkaian program acara tersebut, para wanita akan diajak belajar untuk bisa menjadi wanita yang mandiri dan mampu mengendalikan masa depan keuangannya.


Penasaran?
Kalau saya sih, jelas penasaran banget. Saya ingin tahu, bagaimana tips dari para narasumber yang akan mengampu acara tersebut, terutama tentang seperti apa cara yang tepat agar kita bisa lebih cerdas dalam membelanjakan, menyimpan, dan menginvestasikan uang kita. 

Dalam Women Financial Empowerment Series yang rencananya akan diselenggarakan dari tanggal 15 Juli 2021 hingga 5 Agustus 2021 nanti, akan diusung beberapa tema menarik tentang bagaimana mengelola keuangan yang pas buat wanita,  diantaranya;

1st Class; The Road to Financial Wellness

Session 1
Redefine Our Relationship with Money

Di sesi ini akan dibahas pelajaran tentang perjalanan manajemen keuangan pribadi, dan bagaimana cara membangun persepsi yang sehat tentang uang. Tentunya ini akan menjadi awal yang bagus banget ya, bagi dasar pemahaman kita dalam mempelajari cara membangun pola pikir kita tentang keuangan dengan lebih tepat.

Session 2
Personal Finance Management for Starter

Wah, ini kelas yang sayang banget kalau sampai dilewatkan. Sebagai langkah awal dalam rencana memperbaiki pengelolaan keuangan, kelas ini memberikan berbagai tips tentang cara mengatur keuangan pribadi untuk menciptakan cashflow yang ideal. Duh, wanita mana yang nggak ingin mendapatkan tips-tips yang sangat bermanfaat seperti ini?

Kelas Bonus 
Calculating Monthly Budget (Micro Class)

Di 1st Class ini ternyata nggak hanya ada 2 sesi, tapi juga ada kelas bonusnya. Justru kelas bonus inilah yang sangat menarik. Menurut infonya, melalui kelas mikro ini, kita akan dibimbing oleh seorang financial expert untuk menghitung dan merencanakan anggaran kita berdasarkan tujuan keuangan kita. Sang financial expert yang akan mengampun kelas ini akan memberikan ilmu tentang cara perencanaan anggaran bulanan yang efektif. Menarik banget, ya?


2nd Class; Investing for Beginners

Session 1
An Introductory Guide to Investment

Seringkali para wanita ingin belajar berinvestasi, tapi masih suka bingung mau belajar di mana? Dengan siapa? Nah, di sesi ini, kita akan belajar mengenal berbagai macam investasi, belajar memilih jenis investasi yang cocok dengan profil kita, dan bagaimana cara mengalokasikan dana untuk investasi tersebut. 

Session 2
Millenial Millionaire Story

Wah, ini sesi yang tentunya bakal menginspirasi banget, ya. Di sesi ini akan dihadirkan sosok investor wanita yang sukses dan inspiratif banget. Ia akan berbagi kisah dan pelajaran berharga yang tentunya bakal menginspirasi kita untuk mengikuti jejak suksesnya.



3rd Class; Your Guide to Adulting

Session 1
Adulting Financially Know-How

Banyak orang mengalami kebingungan pada saat mereka akan memasuki kehidupan dewasa (masa pensiun), apalagi kalau berurusan dengan yang namanya keuangan. Terutama bagi mereka yang bukan pegawai dan nggak punya persiapan dana pensiun sama sekali.
Nah, di sesi ini kita akan belajar tentang bagaimana menjadi dewasa secara finansial melalui budgeting, pengelolaan keuangan digital, serta memahami tanggung jawab kita soal pajak. Semakin menarik saja, ya?

Session 2
Securing Your Financial Future

Anda ingin tahu bagaimana cara melakukan perencanaan keuangan yang tepat di setiap tahap kehidupan Anda? 
Sesi ini adalah kelas yang tepat untuk itu. Di sesi ini, kita akan belajar tentang bagaimana melakukan financial planning dan bagaimana memilih instrumen investasi yang paling cocok untuk kita miliki hingga bisa mencapai financial goals kita. Kelas daging banget ini, sih.


4th Class; Get Your Business Digitally Savvy

Session 1
Monetize your Skills

Siapa sih yang nggak ingin bisa menghasilkan uang dari skill dan passion kita? 
Di sesi ini, akan diulas tentang bagaimana cara menemukan passion dan skill yang bisa kita jadikan sumber penghasilan, baik itu sebagai bisnis utama maupun sebagai bisnis sampingan. Menarik sekali, ya. Yuk, kita gali apa passion dan skill kita di kelas ini.

Session 2
Integrated Digital Payments for Business

Di era 4.0 ini, transaksi bisnis yang mudah diakses menjadi salah satu faktor yang memengaruhi kesuksesan bisnis kita. Nah, di sesi ini kita akan belajar bareng bagaimana cara memaksimalkan fitur e-wallet/e-money untuk mengembangkan bisnis kita, sehingga transaksi jadi lebih mudah dan efisien. 
Pebisnis wanita wajib banget ikut kelas ini, nih.


5th Class; Love and Money

Session 1
Money Talk for Lovebirds

Pasangan baru wajib merapat di kelas ini, nih. Pasangan lama pun boleh banget ikut menimba ilmu di sini. Why?
Karena, ketika kita sudah memutuskan untuk menikah, kita harus paham bahwa tidak hanya soal kehidupan bersama saja yang perlu dipikirkan, namun juga soal keuangan dan masa depan keluarga yang kita bina. Nah, di sesi ini kita akan belajar bersama pasangan yang expert dan sukses tentang bagaimana mereka menemukan financial compability dan bagaimana cara mereka bisa menyelesaikan masalah-masalah keuangan. Menarik banget, ya.

Session 2
Money Milestone for Married Couples

Pernikahan adalah awal dari perencanaan finansial, sehingga sesi ini jadi wajib banget buat kita ikuti. Di kelas ini, nanti kita bakal mendapatkan berbagai tips perencanaan keuangan untuk mendukung pencapaian keluarga, seperti bagaimana menyiapkan dana untuk kelahiran anak hingga menyekolahkannya, menyiapkan dana untuk membeli rumah tinggal,  hingga bagaimana mempersiapkan uang pensiun. 



Wah, sungguh menarik ya, materi-materi yang akan kita terima jika mengikuti Financial Empowerment Series yang diselenggarakan oleh Stellar Women ini.
Apakah untuk mendapatkan semua ilmu bermanfaat itu kita harus mengeluarkan sejumlah uang?

Ho ho, tentu saja ada sejumlah dana yang mesti kita investasikan untuk mendapatkan ilmu-ilmu bermanfaat tersebut. Tetapi jangan khawatir, bila dibandingkan dengan betapa banyaknya manfaat yang bakal kita dapat, investasi yang mesti kita keluarkan jadi tampak tak seberapa, kok. Untuk single class, investasinya mulai dari 80k, sedangkan kalau mendaftar full course, kita cukup berinvestasi sebesar 299k saja. Jauh lebih hemat, tentunya.

Selanjutnya, nanti akan dipilih sejumlah peserta full course untuk mendapatkan akses gratis ke grup mentoring khusus, di mana para peserta bisa berdiskusi dengan para mentor tentang berbagai masalah keuangan. Hmm ... Kalau begitu, rasanya mendaftar kelas full course jauh lebih banyak benefitnya, ya.


Yuk, buat yang tertarik mengikuti program luar biasa ini, bisa langsung mengunjungi Stellar Women sebelum tanggal 13 Juli 2021, ya.










Komentar

  1. Kalau untuk ilmu yang bermanfaat investasi senilau itu masuk kategori tidak mahal.
    Apalgi ini menyangkut kesehatan ekonomi kita.

    BalasHapus
  2. Program dari Stellar Women itu memang bagus-bagus ya, semua materinya berguna untuk memberdayakan para wanita. Terutama materi-materi yang akan kita terima jika mengikuti Financial Empowerment Series, berguna sekali untuk kesehatan keuangan keluarga

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bener banget, mbak Nurul. Let's join, yuuk.

      Hapus
  3. Asik nih programnya. Memang penting sih buat perempuan yang sudah berkeluarga. Biasanya yg pegang kunci keuangan keluarga lbh banyak di Ibu/Istri ya. Mungkin dianggap lebih teliti dan multi tasking. Bapak mah biasanya tau beres aja...

    BalasHapus
  4. wah asik nih ada kelas financial planning buat para perempuan biar melek tentang keuangan. Harusnya para perempuan meski ibu rumah tangga sekalipun kudu melek literasi keuangan dan dlibatkan dalam manajemen keuangan keluarga ya mba. Makin kepo deh sama kelasnya Women Financial Empowerment Series yang ampe Agustus ntar :)

    BalasHapus
  5. Sejak muda saya berdagang tapi masih gagap literasi. Malahan nggak kepikiran untuk investasi. Jadi dari dulu tuh enteng aja kalau misal dipinjemin sana-sini terutama keluarga. Belanja ini itu, kadang gak kepakek.Sekarang baru terasa, saya harus lebih pandai. Kasih pinjaman meskipun dengan keluarga juga gak bisa gampang2, karena pengalaman saya ruwet di belakang. Pandemi ini saya start from zero lagi soal literasi keuangan. Belajar mengelola lebih cermat biar bisa survive dan syukur2 berinvestasi. Kayaknya jadi perlu ikut kelasnya.

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

Cara Merawat Buku yang Rusak Akibat Terlalu Lama Disimpan

Yati "Sum Kuning" Surachman, Legenda Hidup Indonesia

Yuk, Me Time dengan "Me-Time"