Solusiku Agar Terhindar dari Jerawat. Kamu Mau Tahu?





Tidak hanya remaja, yang sudah dewasa pun bisa juga jerawatan. Selain jadi tidak sedap dipandang, jerawat juga mengganggu karena pada beberapa kasus, jerawat yang parah disertai dengan rasa sakit. Bikin bergidik membayangkannya, ya?
Maka dari itu, kalau sudah jerawatan, sudah pasti harus segera mendapat penanganan yang tepat supaya tidak meradang. Namun, sebelum wajah dihinggapi jerawat, sebenarnya ada langkah-langkah sederhana untuk pencegahannya, yaitu:

1.      Menjaga kebersihan alas tidur
Sangat penting untuk menjaga kebersihan alas tidur, seperti seprei dan sarung bantal. Cucilah alas tidur yang kotor itu setidaknya seminggu sekali. Karena kalau jarang dicuci, otomatis akan semakin kotor. Kalau sudah begitu, kulit wajah yang setiap hari bersentuhan langsung dengan benda tersebut pun akan terkontaminasi. Apabila wajah kotor dan kondisi tubuh juga tidak fit, maka jerawat berpotensi tumbuh di wajah.

2.      Seringlah mencuci wajah
Debu dan kotoran akibat polusi bisa muncul di mana saja lalu menempel di kulit lewat perantara udara. Dengan rajin mencuci wajah, maka akan menghilangkan kotoran-kotoran yang menempel pada permukaan kulit. Dianjurkan untuk mencuci wajah minimal 5 kali sehari dengan air bersih yang segar, tanpa harus menggunakan produk pembersih. Bagi umat muslim, pastilah otomatis sudah melakukannya pada saat berwudhu. Hal ini selain dapat menjaga kebersihan kulit juga dapat membuat kulit menjadi lembab secara alami.

3.      Menjaga kebersihan tangan
Setiap kali, tangan selalu menyentuh wajah, baik secara sengaja maupun tidak. Maka dari itu, menjaga kebersihan tangan adalah wajib. Karena kulit wajah adalah bagian kulit yang paling sensitif, di bandingkan dengan area kulit lainnya seperti tangan dan kaki. Oleh sebab itu, sebaiknya jagalah kebersihan tangan, sehingga saat jari menyentuh kulit wajah tidak menularkan kotoran yang dapat menginfeksi kulit. Menjaga kebersihan tangan bisa dilakukan dengan cara mencuci tangan, baik dengan menggunakan sabun maupun hanya dengan air bersih biasa.

4.      Lakukan perawatan wajah atau facial secara rutin
Facial tidak harus dilakukan di salon, namun semua itu kembali kepada diri masing-masing. Yang jelas, dengan melakukan facial, kulit wajah akan menjadi lebih bersih dan  mendapatkan asupan nutrisi. Kalau dilakukan secara teratur, selain wajah bersih, juga kencang, halus, segar, dan terhindar dari jerawat.

5.      Minum air putih setidaknya 8 gelas sehari
Mengonsumsi air putih secara cukup, setidaknya 8 gelas sehari atau lebih, dapat membantu membersihkan tubuh dari kotoran yang masuk ke dalam tubuh.

Demikianlah beberapa tips yang bisa kamu lakukan agar wajah terhindar dari jerawat. Selain melakukan cara-cara di atas, kamu juga bisa menyempurnakannya dengan mengonsumsi vitamin E. vitamin ini sangat baik bagi kulit.
Bagaimanapun, yang namanya mencegah itu lebih baik daripada mengobati, ya? Setuju?

Penulis,
Rara Radyanti


Komentar

Postingan populer dari blog ini

TIPS MENJAGA KOMITMEN DALAM PERNIKAHAN JARAK JAUH

Yati "Sum Kuning" Surachman, Legenda Hidup Indonesia

MINDER dan solusi mengatasinya