Cara Membuat Karyawan Menjadi Loyal

gambar: pixabay.com



Anda seorang pebisnis yang sering bermasalah dengan karyawannya? Yah, permasalahan yang terjadi antara atasan dengan bawahan itu adalah hal yang umum terjadi dalam dunia kerja. Namun demikian, dengan mengetahui kunci berinteraksi yang tepat, maka segala sesuatu yang berpotensi memicu timbulnya permasalahan dapat diminimalisir. Anda ingin tahu, bagaimana membuat karyawan menjadi loyal dengan pekerjaannya?

Berikut ini ada tips-tips yang bisa Anda terapkan agar bisnis dapat berjalan lancar tanpa harus gonta-ganti karyawan terus?

1.      Menciptakan Lingkungan Kerja yang Kondusif.
Salah satunya bisa dengan membuat tempat kerja yang nyaman, bersih dan ketersediaan sarana dan prasarana yang memadai. Selain itu, usahakan untuk menciptakan suasana kerja yang bersahabat, baik antara karyawan dengan atasan, maupun antara karyawan dengan rekan kerjanya. Satu hal lagi yang cukup penting untuk diperhatikan, selalu menjaga kepercayaan satu sama lain.
2.      Menjaga Keseimbangan Pekerjaan dengan Kehidupan Pribadi Para Karyawan.
Sebagai bos atau atasan, Anda memang bebas membuat peraturan untuk ditaati karyawan, namun demikian, harus diingat bahwa tiap orang itu memiliki kehidupan pribadi masing-masing. Demikian juga dengan karyawan Anda. Sebaiknya tidak terlalu sering menuntut akan jam kerja tambahan. Kalaupun sangat diperlukan jam kerja tambahan atau lembur, sebaiknya diberikan kompensasi yang sesuai.

3.      Berikan Apresiasi atau Penghargaan.
Terkadang, bukan hanya sekedar materi yang dibutuhkan oleh karyawan Anda. Ada sebuah tindakan yang dapat membuat karyawan merasa sangat dihargai jerih payahnya, yaitu dengan memberikan apresiasi positif atau penghargaan terhadap kinerja mereka.

4.      Menjalin Kedekatan Hubungan Antara Atasan dan Karyawan.
Jangan pernah memperlakukan karyawan layaknya robot pekerja. Sesekali, berilah perhatian terhadap kehidupan pribadinya. Misalnya saja dengan menanyakan kesehatan keluarganya.  Anda juga boleh menanyakan apa yang menjadi keinginan dan harapan mereka di masa yang akan datang.  Sebaiknya Anda jangan menciptakan jurang pemisah dengan karyawan.

5.      Berikan Kesenangan.
Karyawan Anda juga butuh refreshing untuk melepaskan kepenatan dalam bekerja. Sesekali, Anda bisa mengajak mereka makan bersama di luar lingkungan kerja, mengadakan acara-acara kebersamaan dengan keluarga karyawan, dan lain-lain yang dapat membuat karyawan berbahagia dan merasa senang bekerja dengan Anda.

Nah, untuk melakukan hal-hal tersebut di atas, Anda dapat memulainya dengan bertanya pada diri sendiri, “Dalam bekerja, apa yang Anda butuhkan selain uang?”
Temukan jawaban  pertanyaan tersebut dari lubuk hati Anda yang terdalam. Sudah pasti, hal itu juga yang karyawan Anda rasakan. Oleh karena itu, menjaga dan memenuhi kebutuhan emosional mereka hampir sama pentingnya dengan memenuhi kebutuhan materinya.

Dengan mengaplikasikan cara-cara tersebut di atas, semoga para pebisnis dapat menjadi atasan yang baik, memiliki karyawan yang loyal, sehingga bisnisnya dapat berjalan lancar hingga meraih kesuksesan.  

Komentar

Postingan populer dari blog ini

TIPS MENJAGA KOMITMEN DALAM PERNIKAHAN JARAK JAUH

Yati "Sum Kuning" Surachman, Legenda Hidup Indonesia

MINDER dan solusi mengatasinya